SELAMAT DATANG DI BLOG INI SEMOGA ARTIKEL YANG ANDA BACA BISA BERMANFAAT ^_^

Minggu, 13 Juni 2010

Port USB

USB port adalah sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12megabit per detik. USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus dalam artian dapat dikatakan standar interface sebuah device, yang merupakan gabungan serial antara periferal dan komputer.

Port USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scenner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer. Komputer (PC) saat ini, umumnya sudah memiliki port USB. Jika dibandingkan dengan parallel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya serta lebih cepat Konektivitas antara PC (Personal Computer) dengan perangkat USB dihubungkan dengan kabel khusus. Sebuah kabel berisi empat buah kawat menghubungkan periferal ke PC melalui port USB yang terdapat pada keduanya. Di dalam kabel tersebut, dua kawat akan menangani transmisi data, sebuah lagi menangani ground dan sebuah lagi memasok daya sebesar lima volt ke peripheral.

Sejarah Perkembangan Port USB

Pada awal kemunculannya USB diciptakan dengan tujuan untuk menghubungkan Smart Phone dengan Personal Computer (PC), namun pada akhirnya penggunaannya berkembang pesat bahkan sampai kepada device seperti mouse, printer, speaker,MP3 player, dll।


Konsep USB pertama kali muncul pada tahun 1994 ditanda dengan bergabungnya beberapa perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan komputer, seperti Compaq, Intel, Microsoft, NEC dan IBM untuk mendukung teknologi ini. kemuculan pertama USB yaitu sekitar tahun 1995 hingga 1996, USB 1।0 yang ditawarkan kepada pengguna adalah pada kadar kelajuan hanya 1.5Mbit s (kelajuan-rendah) dan 12Mbit sesaat untuk kelajuan tinggi. Kemudian muncul pula USB 2.0 pada April 2000 yang memperkenalkan kelajuan 480Mbit sesaat (kelajuan tinggi) untuk pemindahan data. Ia merupakan teknologi yang banyak kita gunakan masa kini.


Teknologi USB yang paling digemari adalah teknologi USB flash drive. Sebuah teknologi memory yang benar-benar ada karena kebutuhan pasar. Dengan kapasitasnya yang besar, ukuran yang kecil, serta kecepatan yang baik, USB Flash drive banyak diminati oleh masyarakat. USB Flash drive berfungsi sebagai media penyimpanan yang portable। Walaupun tidak sebesar external hard drive tetapi dengan ukurannya yang kecil,teknologi ini menjadi semakin banyak peminatnya.


USB flash drive juga dikenal dengan nama Thumb Drive, Jump Drive, Pen Drive, Key Drive, Token, atau secara mudah dapat dikenal dengan sebutan USB drive. Tidak seperti teknologi removable storage memory lainnya, USB dapat berjalan tanpa bantuan tenaga tambahan, tidak memerlukan proses booting, dan yang terpenting adalah tidak bergantung kepada salah satu macam platform sistem operasi.

USB Flash drive memiliki beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut dapat dipisahkan dalam dua golongan yaitu komponen penting dan juga komponen tambahan. Komponen penting yang harus ada dalam sebuah USB Flash drive adalah USB connector, USB mass storage controller device, Flash memory chip, dan Crystal Oscillator. Komponen ini dilengkapi oleh komponen tambahan yaitu Test points, LED, Unpopulated space, USB Connector Cover, dan juga transport Aid. Komponen-komponen ini bergabung membentuk satu Flash Drive secara utuh.

Dalam sejarahnya, USB Flash Drive memiliki masalah dalam status kepemilikan hak ciptanya. Banyak perusahaan besar yang mengklaim bahwa USB drive adalaha teknologi yang mereka buat. Yang pertama memproduksinya sendiri adalah perusahaan Trek dengan merk dagang Thumbdrive. Perusahaan inilah yang menyatakan dengan serius bahwa merekalah penemu pertama teknologi ini.

Beberapa Versi USB

1. USB 1.0 (1995) yang pertama kali ditawarkan kepada pengguna memiliki kecepatan hanya 1.5Mbit untuk kecepatan rendah dan 12Mbit untuk kecepatan tinggi. Pada generasi ini di kenal beberap versi : USB 1.0 FDR: Dilancarkan pada November 1995, pada tahun yang sama Apple menggunakan piawaian IEEE 1394 dikenali sebagai FireWire. USB 1.0: Dilancarkan pada Januari 1996. USB 1.1: Dilancarkan pada September 1998.

2. USB 2.0 (April 2000) yang memperkenalkan kecepatan 480Mbit untuk kecepatan tinggi dalam pemindahan data. Ia merupakan teknologi yang banyak digunakan saat kini. Teknologi USB yang paling digemari pada versi ini adalah teknologi USB flash drive atau lebih dikenal secara umum sebagai flash disk. Sebuah teknologi memory yang benar-benar ada karena kebutuhan pasar. Dengan kapasitasnya yang besar, ukuran yang kecil, serta kecepatan yang baik, USB Flash drive banyak diminati oleh masyarakat. USB Flash drive berfungsi sebagai media penyimpanan yang portable. Walaupun tidak sebesar external hard drive tetapi dengan ukurannya yang kecil, teknologi ini menjadi semakin banyak peminatnya. USB 2.0: Diperbaharui pada Disember 2002.

3. USB 3.0 merupakan salah satu device dengan standard dengan kecepatan transfer data 10 kali lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya. Port USB 3.0 tersebut dapat digunakan untuk konektor ke PC atau device lain, seperti printer dan perangkat peyimpanan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG KE BLOG INI SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT ^_^